Sabtu, 12 Januari 2013




EPL - Stoke City v Chelsea, Jonathan Walters

Chelsea tidak mau lama-lama meratapi kekalahan 2-0 dari Swansea City di laga sebelumnya. Menyambangi Britannia Stadium, Sabtu (12/1), The Blues mempecundangi sang tuan rumah, Stoke City, empat gol tanpa balas. 

Sempat kesulitan di babak pertama, Jonathan Walters mencetak gol bunuh diri beberapa saat jelang turun minum. Pemain yang sama menggandakan keunggulan The Blues, ketika sundulannya yang seharusnya menghalau bola justru melaju ke gawang sendiri.

Kemenangan skuat Rafael Benitez disempurnakan penalti Frank Lampard di menit ke-65 dan tendangan indah Eden Hazard dari luar kotak penalti menggenapkan pesta gol The Blues. 

Walters benar-benar mengalami mimpi buruk, setelah mencetak dua gol bunuh diri, pemain kelahiran 20 September 1983 ini juga gagal mengeksekusi penalti menjelang laga usai.

Ini merupakan kekalahan kandang pertama buat The Potters atau keempat secara keseluruhan di musim ini. Skuat Tony Pulis tertahan di urutan 10 klasemen sementara, mengantongi 29 angka. Sementara klub London Barat naik satu tangga ke posisi tiga --menyalip Tottenham Hotspur-- dengan 41 poin di kantong.


Babak pertama
 
Chelsea tak mau menunggu lama untuk bermain dalam tempo tinggi. Baru dua menit setelah kick-off, Ramires menerima umpan Juan Mata namun masih digagalkan pemain lawan. Mata kembali menunjukkan kelas dengan bekerja sama dengan Frank Lampard, sayang aksinya kembali digagalkan Huth. 

Tidak lama kemudian, giliran Hazard yang berhasil menaklukkan dua pemain lawan untuk memberikan umpan silang kepada Demba Ba, tapi kembali usaha Chelsea belum membuahkan hasil. 

Stoke tidak mau tinggal diam menerima serangan bertubi-tubi dari The Blues. Wilkinson mengagetkan Petr Cech dengan gerakannya merangsek ke kotak penalti setelah menerima bola liar. Sayang, sepakannya masih melebar. 

Cech nyaris melakukan kesalahan saat menghalau bola keluar uang ternyata menuju Etherington, beruntung Hazard bergerak cepat melakukan tekel. The Blues kembali gagal mengawal Etherington yang kembali berhasil melakukan tekanan dari sisi kiri, tapi hanya membuahkan sepak pojok. 

Peluang emas didapat Chelsea di menit 24, melalui Lampard. Menerima umpan terobosan yang dibangun hasil kerja sama Hazard dan Ramires, gelandang Inggris ini berhasil meloloskan diri dari kawalan pemain lawan, namun sepakannya dari kotak penalti masih ditepis Begovic. 

Laga kian sengit melihat ambisi kedua tim menjebol gawang lawan, duel fisik pun beberapa kali terjadi termasuk yang melibatkan Hazard dan Whelan. 

The Potters kembali menekan tim tamu di menit 30 lewat aksi Jones yang menerima suplai bola Etherington, sayang sepakannya masih diblok David Luiz. 

Demba lagi-lagi gagal memaksimalkan peluang membuka keunggulan. Menerima umpan Lampard dari luar kotak penalti, Demba Ba melepaskan tembakan kaki kiri namun masih dihalau kiper, bola muntah coba dimanfaatkan Ramires, tapi dihalau Wikinson yang melakukan blok dengan sempurna. 

Whelan mencoba peruntungan dengan melepaskan tendangan first time dari luar kotak penalti, tapi bola tepat jatuh di pelukan Cech. 

Setelah berkali-kali menekan pertahanan Stoke, The Blues akhirnya mencuri gol melalui bunuh diri Jonathan Walters yang salah mengantisipasi crossing Cesar Azpilicueta.

Babak kedua  

The Potters mendapat kesempatan lebih dulu di babak kedua. Adams mencoba memberikan umpan silang, tapi tidak ada rekannya yang menyambut. Semenit kemudian, Jones menerima umpan dari Etherington di sisi kiri, tapi Ivanovic dengan cepat mengantisipasi bola.

Cech bereaksi cepat saat Steve N'Zonzi melepaskan tembakan dari jarak 30 yard sehingga hanya membuahkan corner. Kiper Republik Ceko itu kembali melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-57 saat memblok bola hasi sepak pojok. 

Sempat terjadi kontroversi di menit 58 saat wasit Andre Marriner menunjuk titik putih setelah Azpilicueta melanggar Etherington, tapi di saat bersamaan wasit mengangkat bendera off-side. Dari tayangan ulang, Etherington terlihat jelas off-side. 

Mimpi buruk untuk Walters yang jelang turun minum tadi melakukan gol bunuh diri. Walters mengulangi kesalahan fatal saat terjadi kemelut pada sepak pojok. Berduel dengan Lampard, sundulan Walters justru memuluskan laju bola ke gawang Begovic. 

Unggul 2-0 makin melecut kepercayaan diri The Blues. Wasit kemudian menunjuk titik putih setelah Huth dianggap melakukan pelanggaran terhadap Mata. Skor pun berubah menjadi 3-0 setelah Lampard yang menjadi eksekutor dengan tenang menceploskan si kulit bundar. 

Begovic dipaksa memungut bola untuk keempat kalo oleh Eden Hazard. Pemain asal Belgia itu menerima umpan Mata, kemudian sempat mengecoh beberapa pemain lawan, sebelum akhirnya melepaskan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti. 

Unggul jauh membuat Chelsea sedikit mengendurkan tempo permainan, namun Stoke tidak mampu memanfaatkan peluang ini. Tuan rumah sebenarnya berpeluang memperkecil kedudukan sebelum turun minum saat wasit menunjuk titik putih setelah John Terry melakukan pelanggaran di kotak terlarang. 

Ini tampaknya benar-benar hari buruk buat Walters. Selain mencetak dua gol bunuh diri, si pemain juga gagal mengeksekusi penalti karena sepakannya melambung jauh di atas mistar Cech. 

Kedudukan 4-0 pun bertahan sampai peluit panjang tanda berakhirnya laga dibunyikan pengadil lapangan. 

Susunan pemain  
Stoke City: Begovic; Cameron, Shawcross, Huth, Wilkinson; Walters, Whelan, Nzonzi, Etherington; Adam; Jones
Cadangan: Sorensen, Whitehead, Upson, Kightly, Crouch, Shotton, Jerome

Chelsea: Cech; Azpilicueta, Ivanovic, Luiz, Cole; Hazard, Lampard, Ramires, Bertrand; Mata, Ba
Cadangan: Turnbull, Torres, Oscar, Ferreira, Marin, Terry, Ake
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!